Panduan Utama Pemasaran Facebook untuk Bisnis

Facebook adalah alat pemasaran yang sangat kuat. Anda pasti sudah mendengar ini. Bagaimanapun, ini adalah jaringan sosial terbesar di dunia, dan yang memungkinkan hingga saat ini jalan komunikasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Belum pernah sebelumnya bisnis mampu menjangkau basis pelanggan mereka dengan begitu mudah, dan pada tingkat yang begitu intim. Tentu saja, itu dengan sendirinya berarti Anda tidak dapat masuk tanpa rencana pemasaran yang jelas, yang perlu cukup fleksibel untuk berkembang dengan perubahan kebutuhan bisnis Anda.

Kami dapat membantu dengan itu.

Apakah Anda baru mengenal Facebook untuk bisnis atau ingin menambahkan sesuatu yang baru ke rencana pemasaran Facebook Anda saat ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Panduan ini dimaksudkan untuk membantu pemasar dari semua tingkat pengalaman, dari pemula hingga mahir. Kami akan mengajari Anda cara memanfaatkan halaman Facebook, profil, grup, iklan, video langsung, analitik, kontes, dan banyak lagi – semua yang dibutuhkan bisnis Anda untuk bersinar.

Panduan Utama Pemasaran Facebook untuk Bisnis
Panduan Utama Pemasaran Facebook untuk Bisnis

Memahami Algoritma Facebook

Algoritma Facebook menentukan kapan dan di mana posting halaman organik dan iklan muncul. Ini terus berubah dan berkembang, artinya pemasar harus terus-menerus mengikuti langkah mereka sehingga mereka dapat mengetahui apa yang diharapkan. Satu kesamaan adalah bahwa setiap perubahan dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna Facebook – jadi itulah tempat terbaik untuk memulai jika Anda ingin mencari tahu.

  • Yang Disukai Algoritma Facebook (dan Tidak Disukai)

Secara umum, algoritma Facebook akan selalu memprioritaskan posting dengan banyak suka, komentar, atau bagikan, terutama jika keterlibatan itu semua datang dalam waktu singkat. Ini juga akan memprioritaskan penyajian konten kepada pengguna jika telah disukai oleh teman-teman mereka, serta jenis posting yang sering berinteraksi atau tampaknya disukai pengguna.

Ini berlaku untuk halaman dan juga postingan – tetapi kita akan membahasnya nanti. Algoritma Facebook tidak suka cukup jelas juga. Spam, clickbaiting, likebaiting, posting berulang, pembaruan hanya teks, pola keterlibatan yang tidak biasa, dan konten yang terlalu promosi.

  • Facebook Zero: Ini Semua Tentang Interaksi Yang Berarti

Tahun lalu, Facebook membuat perubahan signifikan pada algoritma umpan berita . Dikenal luas sebagai “Facebook Zero” pembaruan, intinya adalah bahwa itu memprioritaskan publik, posting profesional dan posting diprioritaskan dari orang yang mereka terhubung. Ini berarti lebih banyak konten dari teman dan keluarga, posting dari teman dan keluarga yang mencari saran atau rekomendasi, dan konten yang dibagikan oleh teman dan keluarga yang muncul di setiap feed berita.

Akibatnya, itu juga berarti lebih sedikit posting yang dipromosikan dan posting dari bisnis.

Alih-alih konten promosi, bisnis sekarang membutuhkan konten yang berfokus pada komunitas. Posting yang mendidik sambil menghibur, video langsung, dan apa pun yang menghasilkan hype (dan karenanya komentar dan bagikan) semuanya adalah permainan yang adil. Begitu juga promosi konten bentuk panjang, baik pihak ketiga atau pihak pertama.

  • Algoritma Iklan Facebook

Dalam banyak hal, algoritma iklan Facebook bahkan lebih misterius daripada algoritma umpan berita. Michael Stelzner menggambarkannya dengan sangat akurat sebagai kotak hitam besar yang hanya sedikit orang mengerti . Apa yang kami ketahui adalah bahwa seperti algoritme umpan berita, algoritma ini berfokus pada pengguna dan dirancang untuk menentukan iklan terbaik untuk menunjukkan target terbaik sambil juga menciptakan pengalaman positif.

Kami juga tahu bahwa itu tidak hanya memprioritaskan tawaran tertinggi. Membayar lebih banyak tidak berarti iklan Anda lebih mudah dilihat. Sebaliknya, menurut Ralph Burns Tingkat 11 , tawaran Anda hanya bagian dari total nilai iklan, yang mencakup taksiran tingkat tindakan, kualitas, dan relevansi.

Mengoptimalkan iklan Facebook Anda melibatkan pengujian dan penyempurnaan beberapa faktor.

    • Mencocokkan pesan Anda dengan pasar Anda.
    • Menentukan hasil yang ingin Anda lihat dari setiap iklan.
    • Memilih sasaran yang tepat untuk keseluruhan kampanye iklan Anda.

Membuat, Mengoptimalkan, dan Melindungi Halaman Bisnis Facebook Anda

Halaman bisnis Anda di Facebook dilampirkan ke profil pribadi Anda sehingga Facebook tahu siapa yang memiliki halaman tersebut, tetapi keberadaannya yang terpisah memungkinkan Anda untuk mempromosikan merek Anda. Mereka memiliki banyak fitur yang tidak tersedia untuk profil, termasuk analitik, iklan, dan penjadwalan pasca. Inilah cara memastikan Anda mengatur halaman Anda untuk sukses .

  • Menambahkan Foto Profil

Foto profil Anda dapat berupa sejumlah hal.

Foto produk fisik yang Anda jual atau representasi dari layanan yang Anda tawarkan. Foto profesional diri Anda jika Anda adalah wajah bisnis Anda. Logo Anda Bahkan suntikan kantor pusat Anda.

Apa pun yang Anda pilih, pertahankan komposisi tetap sederhana dan mudah dikenali. Idealnya, Anda ingin foto berukuran 180 x 180 piksel. Anda dapat menggunakan alat gratis seperti Canva atau GIMP 2 untuk membantu Anda dengan prosesnya.

Setelah selesai, buka halaman Anda dan klik Tambah Gambar.

  • Menambahkan Foto Sampul

Proses untuk menambahkan foto sampul hampir sama dengan menambahkan foto profil, dengan satu perbedaan – dimensi untuk foto sampul Facebook adalah 828 x 315 piksel. Penting juga untuk diingat bahwa area yang ramah seluler berada dalam 560 x 315 piksel.

Ketika Anda menemukan gambar, klik Tambah Foto Sampul di sudut kiri atas ruang foto sampul.

  • Panggilan untuk bertindak

Apa yang Anda ingin orang lakukan di halaman Facebook Anda? Mendaftar untuk mendapat hadiah atau nawala? Membeli sesuatu? Akses situs web Anda?

    1. Buat tombol ajakan bertindak untuk memberi mereka cara mudah untuk melakukannya – begini caranya.
    2. Klik Tambahkan Tombol di bawah sudut kanan foto sampul Anda.
    3. Pilih jenis tombol standar yang paling sesuai dengan apa yang ingin Anda lakukan.
    4. Kami sarankan setidaknya menambahkan tombol Get In Touch dan tombol Pelajari Lebih Lanjut.
  • Deskripsi

Area deskripsi memberi tahu orang-orang tentang halaman Anda. Semakin banyak informasi yang Anda berikan kepada pengikut baru yang potensial, kemungkinan mereka akan tetap tinggal. Anda dibatasi hingga 155 karakter, dan uraiannya muncul di hasil pencarian, jadi Anda harus memikirkan tentang kemungkinan pengikut yang mencari produk atau layanan.

  • Nama pengguna

Kami juga merekomendasikan menyesuaikan URL Facebook Anda dengan nama pengguna yang unik. Cocokkan dengan merek Anda.

Panduan Utama Pemasaran Facebook untuk Bisnis

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *